WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 06 April 2013

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK


TUGAS INDIVIDU I
A.    JELASKAN MENGAPA PANDANGAN RENTANG KEHIDUPAN DALAM PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MERUPAKAN PANDANGAN YANG PALING MUTAKHIR?

ü  Karena jenis perubahan yang terjadi dalam psikologi perkembangan tidak dikhususkan untuk periode perkembangan tertentu; menguraikan, menerangkan dan mengoptimalkan perubahan tingkah laku yang terjadi di dalam diri seseorang dan juga perbedaan antar orang akibat perubahan yang terjadi, dalam seluruh rentang kehidupan manusia, mulai saat konsepsi sampai dengan kematian.
B.     URAIKAN DAN BERIKAN CONTOH, APAKAH BENTUK PERILAKU TERTENTU `LEBIH DIPENGARUHI OLEH FAKTOR KETURUNAN/ BAWAAN (NATURE) ATAU OLEH FAKTOR LINGKUNGAN (NURTURE).

ü  Nature & nurture selalu  saling terkait dan saling  mempengaruhi serta tidak terlepas satu dengan yang lainnya.
·      Contoh Nurture
Seorang  anak yang merasa takut dengan adanya orang yang baru/asing yang tak pernah ia kenal/tidak akrab dengannya. Menurut Hebb dalam bukunya a Text Book of Psychology. Dalam penelitiannya mengenai contoh tadi, menyatakan bahwa ketakutan yang dirasakan anak tersebut, merupakan hasil dari pembelajarannya selama ini untuk menyukai seseorang. Dan ketika orang yang ditemui tersebut adalah orang yang jarang jarang atau tidak pernah didekatnya, maka anak tersebut cenderung akan merasa asing dan ketakutan sebagai bentuk respon yang ia berikan.


·      Contoh nature
          Contohnya, dengan memberikan stimulasi ringan pada telapak tangan bayi muda-belia dapat menimbulkan gerakan menggenggam pada tangan bayi tersebut.Respon dalam bentuk menggenggam yang diberikan oleh bayi tersebut, merupakan perintah yang diberikan oleh DNA kepada syaraf-syaraf atau reseptor yang berada di telapak tangan.Pada bayi yang baru lahir, gerakan-gerakan yang dimunculkan adalah gerakan reflek dan instink. Gerakan instink digunakan untuk mempertahankan (kehidupan) diri. Yaitu, instink untuk makan dan minum. Untuk keperluan-keperluan yang lain, dia sangat menggantungkan diri pada lingkungannya. Kesempatan untuk mendapatkan pertolongan dengan respon menangis sebagai gerakan refleknya.
C.    APAKAH BENAR PERILAKU TERTENTU RELATIF LEBIH STABIL DENGAN ADANYA PERUBAHAN WAKTU ATAU BERUBAH TERUS SELAMA RENTANG KEHIDUPAN? URAIKAN DAN BERIKAN CONTOH  KONGKRIT ANDA.
ü  Perkembanag terjadi secara teratur mengikuti pola atau arah tertentu. Setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan dari hasil tahap sebelumnya yang merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya.
·         Contoh:
Untuk dapat berjalan, seorang anak harus dapat berdiri terlebih dahulu dan berjalan merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya, misalnya berlari atau meloncat.
ü    Perkembangan fisik dan mental mencapai kematangannya terjadi pada waktu dan tempo yang berbeda (ada yang cepat dan ada yang lambat). Perkembangan ini dapat merubah perilaku seseorang menjadi lebih dewasa dan berfikir secara logika dengan berubahnya waktu.  Ketika anak itu telah mengalami berbagai proses menuju pendewasaanya mulai dari bayi, kanak-kanak, anak, remaja, dewasa, hingga masa tua, maka anak itu akan mengalami berbagai perubahan sikap dan perilakunya. Perubahan perilaku ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor dari keluarga, teman sebaya, dan lingkungan masyarakat.
·         Contoh:
Seorang anak TK  yang belum tau apa-apa maka setelah perubahan waktu ketika dia telah menjadi remaja maka anak ini telah mampu membedakan mana yang benar dan salah.
ü  Perilaku seseorang akan berubah dengan adanya perubahan waktu. Dalam proses pencarian jati diri seorang anak, dia akan menemukan sebuah sikap dan karakter yang dia anggap benar. Sebuah perilaku yang dianggap benar dan telah mengalami pematangan maka akan membentuk sebuah kepribadiaan yang tidak dapat diubah lagi.
·         Contoh:
Seorang anak yang merokok, tetapi dengan berjalannya waktu dia mengetahui bahwa merokok itu berbahaya bagi tubuhnya dan perilaku seperti ini salah,  maka dia akan berhenti merokok. Perilaku ini merupakan perwujudan dari proses pendewasaan yang dia alami, sehingga dia tau sikap apa yang harus diambilnya.
ü  Namun ada pula paham stabilitas. Stabilitas perkembangan ialah perkembangan yang terjadi pada diri inividu sejak kecil hingga mencpai usia yang lebih tua tidak mengalami perbedaan atau tetap.
·         Contohnya : seorang anak TK, yang cenderung merasa malu-malu untuk berkenalandengan teman hingga ketika ia memasuki perguruan tinggi pun, ia tetap merasakan malu terhadap kontak sosial dilingkungan baru, ia akan bersikap dengan sikap yang sama, malu-malu.

Dari contoh tersebut, terlihat bahwa sikap perkembangan anak tersebut cenderung tetap, meski telah melewati waktu yang cukup lama.







                                           





                                     DAFTAR PUSTAKA
Asep. 2012. Lingkungan mempengaruhi perilaku. (online). http://asep10508029.blogspot.com/2011/02/lingkungan-mempengaruhi-perilaku.html . 06 oktober 2012. Diakses :7 oktober 2012
Atin.isu-isu-penting-dalam-psikologi-perkembangan-manusia.online. http://Atin.2010/10/19/isu-isu-penting-dalam-psikologi-perkembangan-manusia.html. Diakses: 07 oktober 2012.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar